Tenang, Puskesmas Tetap Beroperasi saat Libur Lebaran

Tenang, Puskesmas Tetap Beroperasi saat Libur Lebaran
Dokter. Ilustrasi: The Telegraph

jpnn.com, SURABAYA - Dinas kesehatan menjamin pelayanan kesehatan di Surabaya tetap berjalan selama libur panjang Lebaran 2018.

Sebab, puskesmas di metropolis tetap beroperasi. Termasuk beberapa klinik yang bekerja sama dengan badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS).

''Sebanyak 21 puskesmas rawat inap buka selama 24 jam untuk melayani pasien. Pas tanggal 15-16 Juni, 13 klinik juga siap melakukan pelayanan,'' ujar Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Febria Rachmanita dalam konferensi pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan.

Dalam acara yang berlangsung di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya itu, Feni -sapaan akrabnya- juga menyebutkan bahwa pasien dengan kondisi gawat darurat bisa langsung datang ke IGD seluruh rumah sakit di Surabaya.

Tidak diperlukan rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). ''Ini untuk semua pasien gawat darurat,'' tuturnya.

Feni menambahkan, dinkes juga menyiapkan lima posko siaga di seluruh wilayah Surabaya.

Lokasinya berada di Taman Bungkul yang buka pada 8-13 Juni; di dalam dan luar Kebun Binatang Surabaya; Taman Surya; serta Gapura Surya KKP. Posko siaga 112 juga disiapkan di lima titik.

Di wilayah Surabaya Utara, posko siaga berada di Jalan Kasuari. Di Surabaya Pusat berada di Siola, Barat di kantor Kecamatan Tandes, Selatan di Jalan Dukuh Menanggal, dan Timur di Jalan Arif Rahman Hakim.

Sebanyak 21 puskesmas rawat inap buka selama 24 jam untuk melayani pasien saat arus mudik Lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News