Tepis Isu Miring Tender Rehab

Tepis Isu Miring Tender Rehab
Tepis Isu Miring Tender Rehab
JAKARTA -Sudin Pendidikan Dasar Jakarta menjamin tidak adanya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dalam pelaksanaan lelang tender rehab gedung sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) negeri. Hal ini sebagai upaya untuk mewujudkan transparansi dalam dunia pendidikan.

’’Ya silakan saja kalau ada anggapan miring soal pelaksanaan lelang tender. Lagipula bagaimana bisa ada KKN dan penyimpangan dana, sedangkan proses lelang belum selesai,’’ ujar Kasudin Dikdas Jakarta Pusat  Zainal Soleman menanggapi beredar isu tentang maraknya KKN dalam proses rehab gedung, kemarin.

Menurut dia, tahapan lelang disesuaikan dengan Keppres 80 tahun 2003 tentang Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa. Untuk menunjuk perusahaan atau pemborong yang akan melaksanakan proyek itu, harus disertai dengan pengalaman yang mumpuni. Sehingga renovasi berat gedung sekolah berjalan sesuai spesifikasi yang ditentukan.

 

’’Pengalaman itu penting, dan itu sesuai dengan ketentuan, supaya pekerjaan yang dihasilkan benar-benar maksimal. Jadi nggak ada itu KKN dalam proses lelang. Semuanya semata-mata demi menghasilkan pekerjaan yang baik,” tandas Zainal.

Terkait kemungkinan adanya pemilihan perserta lelang yang dianggap memiliki kedekatan dengan aparat di instansi terkait, ia menegaskan, perusahaan mana pun dibebaskan untuk mendaftar serta melalui proses penyeleksian. Penyerahan draft penawaran harga hingga presentase harga akan digelar pada pekan depan. Tentunya, seluruh perusahaan peserta lelang harus hadir dalam kesempatan itu.

JAKARTA -Sudin Pendidikan Dasar Jakarta menjamin tidak adanya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dalam pelaksanaan lelang tender rehab gedung sekolah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News