Terganjal Syarat Administrasi, Batavia Gagal Angkut Haji

Terganjal Syarat Administrasi, Batavia Gagal Angkut Haji
Terganjal Syarat Administrasi, Batavia Gagal Angkut Haji
JAKARTA--Kementerian Agama (Kemenag) akhirnya menyampaikan secara resmi penyebab kegagalan Batavia Airlines sebagai angkutan jamaah haji tahun 2012. Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag, Slamet Riyanto mengungkapkan, kegagalan Batavia tersebut terletak pada proses seleksi administrasi.

"Jadi, memang tim telah melakukan penilaian dan telah mengevaluasi tiga maskaapai. Yakni Garuda Indonesia, Batavia Airlines dan Saudi Arabia Airlines. Untuk Batavia terpaksa harus gugur karena tak lolos seleksi administrasi," ungkap Slamet kepada wartawan di ruang kerjanya di Gedung Kemenag, Jakarta, Kamis (26/4) sore.

Dijelaskan, persyaratan yang ditetapkan oleh tim seleksi yang terdiri dari pihak Kemenag dan Kemenhub tersebut antara lain,  persyaratan administrasi, persyaratan teknis, kemampuan jenis pesawat, dan peninjauan langsung ke kantor maskapai.

"Ternyata dari 11 item syarat administrasi, ada 4 persyaratan adminsitrasi yang tidak bisa dipenuhi oleh Batavia. Salah satunya, dokumen penyewaan pesawat  dan jaminan penawaran. Kedua hal itu sangat krusial dan Batavia tidak bisa penuhi itu," tegasnya.

JAKARTA--Kementerian Agama (Kemenag) akhirnya menyampaikan secara resmi penyebab kegagalan Batavia Airlines sebagai angkutan jamaah haji tahun 2012.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News