Terima Kunjungan Delegasi Amerika Latin dan Karibia, Pj Gubernur Jateng Dorong Peningkatan Ekspor & Investasi

Terima Kunjungan Delegasi Amerika Latin dan Karibia, Pj Gubernur Jateng Dorong Peningkatan Ekspor & Investasi
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menerima kunjungan kehormatan dari delagasi negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Karibia, di kantornya, Kamis (30/5). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com - SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menerima kunjungan kehormatan dari delagasi negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Karibia, di kantornya, Kamis (30/5).

Delegasi itu terdiri dari Kepala Perwakilan Kolombia Jenny Tatiana Rodriguez Espinosa, Kepala Perwakilan Meksiko Ricardo Becerril, Konselor Chili Camila Eggers, Kepala Promosi dan Perdagangan Brasil Lindolpho Antonio Cademartori de Almeida Araujo,  dan Dubes Designate Kuba Dagmar Gonzalez Grau.

"Baru saja kami mengadakan pertemuan dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia yang membawa delegasi beberapa negara dari Amerika Latin dan Karibia. Mereka datang ke Semarang, Jawa Tengah, dalam rangka kunjungan kerja dan kunjungan kehormatan," kata Nana Sudjana seusai pertemuan.

Nana mengungkap bahwa poin penting yang dibahas dalam pertemuan itu ialah peluang bisnis Jawa Tengah dengan Amerika Latin dan Karibia, seperti industri investasi dan perdagangan.

Menurut Nana, kerja sama bidang perdagangan antara Jateng dengan beberapa negara tersebut sudah berjalan. Jateng bahkan sudah rutin melakukan ekspor produk unggulan ke negara-negara tersebut.

Neraca perdagangan ekspor-impor Jawa Tengah di negara Amerika Latin dan Karibia menunjukkan tren positif. Ekspor non-migas Jawa Tengah pada Januari-Maret 2024 sebesar USD 93,848,254 juta atau naik 9,22 persen dibanding pada periode yang sama 2023 sebesar USD 85,926,073 juta.

Ada banyak komoditas di yang diekspor di negera-negara tersebut, misalnya alas kaki yang mampu bersaing di pasar Meksiko, Brazil, dan Peru.

Komoditas lainnya adalah kayu atau barang dari kayu, pakaian jadi bukan rajutan, barang dari kulit, perhiasan, serat stafel buatan, filamen buatan, perabot, penerangan rumah, bahan kimia organik.

Nana Sudjana menawarkan negara-negara, seperti Kuba, Kolombia, Meksiko, Chile, dan Brasil untuk berinvestasi di Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News