Terima Kunjungan Mahasiswa UPN Veteran, Kemenko Perekonomian Berikan Pemahaman Ini

Terima Kunjungan Mahasiswa UPN Veteran, Kemenko Perekonomian Berikan Pemahaman Ini
Kemenko Perekonomian terus memperbanyak penyediaan akses informasi kebijakan pemerintah melalui berbagai upaya. Salah satunya, yakni melalui kunjungan studi. Foto: Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) terus memperbanyak penyediaan akses informasi kebijakan pemerintah melalui berbagai upaya. Salah satunya, yakni melalui kunjungan studi mahasiswa.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Ferry Irawan mengatakan kegiatan tersebut bermaksud menyampaikan secara lebih luas terkait kebijakan ekonomi yang ditetapkan bagi masyarakat dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Topiknya sesuai dengan surat itu, kalau saya melihatnya ada empat elemen. Pertama ada isu fiskalnya, moneter, akutansi, sampai perekonomian. Makanya kemudian agar kita sama pemahamannya teman-teman, saya menyiapkan bridging nih. Konsep-konsep dasar yang harus kita pahami sebelum kita bicara ekonomi, bicara kebijakan,” ungkap Ferry pada saat Kunjungan Studi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta ke kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (17/9).

Deputi Ferry mempaparkan memberikan mahasiswa pemahaman terlebih dahulu terkait konsep dasar ekonomi makro dan ekonomi mikro, bagaimana alur dalam perekonomian terbuka, bentuk akuntansi dalam konsep ekonomi makro, hingga berbagai macam bentuk kebijakan ekonomi makro.

Dia menjelaskan bagaimana peran Pemerintah, khususnya Kemenko Perekonomian, dalam menetapkan kebijakan-kebijakan penting terkait perekonomian nasional.

Dengan begitu, para mahasiswa diharapkan dapat memahami bagaimana Pemerintah memastikan pertumbuhan ekonomi nasional terus berjalan.

Tidak hanya berbagi ilmu dan informasi lain terkait perekonomian Indonesia, Deputi Ferry juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa yang hadir untuk berani keluar dari zona nyaman dan menggapai mimpinya.

“Jangan terlalu nyaman. Harus punya big idea, punya mimpi, kalau kami mau berkembang. Untuk bicara lebih detail mengenai topik besarnya, mungkin akan butuh proses. Tapi paling tidak saya coba kasih dasar, kasih contoh sama motivasi. Mudah-mudahan bisa bermanfaat,” lanjut Deputi Ferry.

Kemenko Perekonomian terus memperbanyak penyediaan akses informasi kebijakan pemerintah melalui berbagai upaya. Salah satunya, yakni melalui kunjungan studi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News