Terowongan Multifungsi Tidak Akan Hilangkan Banjir

Terowongan Multifungsi Tidak Akan Hilangkan Banjir
Terowongan Multifungsi Tidak Akan Hilangkan Banjir
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berencana untuk membangun terowongan multi fungsi (TMF) sebagai salah satu solusi mengatasi banjir. Pembangunan TMF ini terinspirasi oleh smart tunnel yang ada di Malaysia.

Namun  rencana jokowi ini diragukan bisa menanggulangi banjir ibu kota. Pasalnya, smart tunnel di Malaysia juga tidak mampu menanggulangi banjir. Jokowi pun mengakui, meski banjir di ibu kota tidak bisa dihilangkan namun setidaknya bisa dikurangi dengan TMF.

"Di sini sekarang ada 78 titik banjir, didiamin saja. Nanti tahun depan tambah tiga atau empat, diamin saja. Tahun depannya lagi nambah. Ini kan kejar-kejaran dengan itu (titik banjir, red)," ujar Jokowi saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (4/12).

Menurut Jokowi, pembangunan di ibu kota memang berkontribusi pada bertambahnya titik banjir. Makin luas pembangunan, maka daerah resapan air akan semakin berkurang. Untuk itu perlu membangun area resapan baru dalam bentuk TMF.

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berencana untuk membangun terowongan multi fungsi (TMF) sebagai salah satu solusi mengatasi banjir. Pembangunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News