Tertutup, Konvensi Capres PD Rawan Politik Uang

Tertutup, Konvensi Capres PD Rawan Politik Uang
Tertutup, Konvensi Capres PD Rawan Politik Uang
JAKARTA - Direktur Program di The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research (TII) Adinda Tenriangke Muchtar mengatakan konvensi calon presiden (Capres) Partai Demokrat (PD) harus digelar terbuka. Langkah ini dilakukan untuk menghasilkan Capres yang berkualitas dan bisa diterima oleh semua kader partai berlambang mercy itu.

Adinda meyakini hanya dengan secara terbuka, Capres yang dihasilkan konvensi PD akan bisa mengimbangi elektabilitas Joko Widodo yang paling tinggi. Dengan terbuka kata dia, media juga akan ikut berkotribusi mengkatrol capres PD dengan masifnya pemberitaan.

Tapi kalau konvensi PD digelar secara tertutup, Adinda menilai, agak sulit calon yang berkualitas keluar sebagai pemenang. Apalagi politik uang sangat rentan terjadi di partai politik pada setiap acara-acara pemilihan. "Secara pencalonan saya pikir sih, cukup promising ya. Tapi bagaimana proses sebenarnya, nanti dulu. Karena kita belum tahu," kata Adinda di Jakarta, Senin (10/6).

Adinda menjelaskan meskipun tingkat keterpilihan Jokowi paling tinggi, namun bukan berarti tak ada yang menolak mencalonkan diri sebagai presiden. Alasannya, Jokowi harus menuntaskan tanggung jawabnya memimpin Jakarta hingga 2017.

JAKARTA - Direktur Program di The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research (TII) Adinda Tenriangke Muchtar mengatakan konvensi calon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News