Terus Dekati Rakyat, Optimistis Suara PAN Terangkat

Terus Dekati Rakyat, Optimistis Suara PAN Terangkat
Terus Dekati Rakyat, Optimistis Suara PAN Terangkat

jpnn.com - JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) makin percaya diri menghadapi pemilu legislatif (pileg) yang digelar 9 April nanti. Partai pimpinan Hatta Rajasa itu merasa upaya pendekatan ke pemilih dengan terjun langsung ke masyarakat bakal efektif dalam menambah pundi-pundi suara.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PAN, Viva Yoga Mauladi mengaku optimistis perolehan partainya untuk kursi DPR RI akan bertambah dibanding hasil Pemilu 2009 lalu. Viva lantas mencontohkan perolehan suara PAN dari Jatim dari pemilu ke pemilu. Saat 2004, PAN mendapat 6 kursi dari Jatim, sedangkan pada 2009 mendapat 7 kursi. “Dan insya Allah, kami sudah hitung di (pemilu) 2014 ini kita bisa mendapat 10 kursi dari 11 dapil (daerah pemilihan, red) di Jatim," ujar Viva kepada wartawan, Selasa (18/3).

Viva yang dipercaya menjadi Koordinator PAN untuk Dapil Jawa Timur (Jatim) X itu meyakini tambahan suara di pileg nanti merupakan buah kerja keras pengurus dan kader partai yang terus mendekat ke rakyat. “Buktinya tingkat penerimaan masyarakat atas partai memang benar-benar meningkat," ulasnya.

Dipaparkannya, ada beberapa faktor yang menyebabkan elektabilitas PAN terangkat. Pertama, kata Viva, karena tingkat penerimaan masyarakat terhadap PAN semakin baik.

Kedua, PAN merubah kesan selama ini sebagai partainya orang kota, menjadi partai bagi semua kalangan karena kader-kadernya juga rajin menggarap wilayah pedesaan. "Kita makin sering turun ke lapangan, bantuan-bantuan sosial banyak kita turunkan. Elektabilitas pun makin positif, masyarakat menerima," kata Viva.

Selain itu, kesediaan PAN menggandeng tokoh-tokoh lokal juga membuat masyarakat semakin menerima kehadiran partai yang pernah dipimpin Amien Rais itu. Keputusan PAN menetapkan ketua umumnya, Hatta Rajasa sebagai calon presiden juga ikut mendongkrak elektabilitas partai pemilik 45 kursi di DPR RI itu.

“Karena Bang Hatta dikenal sebagai sosok santri, pintar, relijius, dan bertanggung jawab dalam memegang amanah. Ini yang memperkuat penerimaan positif masyarakat ke kami," tandasnya.

Optimisme PAN bakal panen suara tidak hanya dari Jatim. PAN juga merasa yakin bakal meraup suara lebih banyak dari Sumatera Utara. Koordinator PAN untuk Wilayah Sumut, Yahdil Harahap mengatakan, tingkat penerimaan warga Sumut terhadap partainya jauh lebih baik.

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) makin percaya diri menghadapi pemilu legislatif (pileg) yang digelar 9 April nanti. Partai pimpinan Hatta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News