Thai-Kamboja Sepakat Jeda Saling Serang

Thai-Kamboja Sepakat Jeda Saling Serang
Thai-Kamboja Sepakat Jeda Saling Serang
PREAH VIHEAR - Setelah adu tembak di perbatasan Thailand-Kamboja, komandan militer kedua pihak melakukan pembicaraan sekitar pukul 11.00 waktu setempat kemarin. Diharapkan, perundingan tersebut bisa menjadi cara ampuh untuk mencari penyelesaian kasus sengketa candi kuno.

''Ini merupakan pertanda bagus bagi kami untuk menyelesaikan konflik,'' ujar Menteri Luar Negeri Kamboja Hor Namhong. Dia menambahkan bahwa serangan yang terjadi Rabu (15/10) bukanlah invasi Thailand terhadap Kamboja. Tapi, kedua pihak sama-sama menuding pihak lawan yang mengawali serangan.

Pihak Thailand diwakili Komandan Wilayah AD Wiboonsak Neeparn, sedangkan Kamboja oleh Jenderal Chea Mon. Fokus utama yang dibahas dalam diskusi tersebut adalah upaya mengurangi ketegangan di wilayah perbatasan.

Hasil perundingan yang diadakan di sekitar candi yang diperebutkan itu kedua pihak sepakat berpatroli bersama di wilayah yang disengketakan. Patroli bersama diharapkan bisa meredakan ketegangan di antara kedua negara akibat sengketa candi kuno berumur 900 tahun itu.

PREAH VIHEAR - Setelah adu tembak di perbatasan Thailand-Kamboja, komandan militer kedua pihak melakukan pembicaraan sekitar pukul 11.00 waktu setempat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News