Tiada Hari Tanpa Jambret

Tiada Hari Tanpa Jambret
Tiada Hari Tanpa Jambret
PALEMBANG--Berbagai tindakan kejahatan hampir setiap hari terjadi diurutan pertama diduduki pencurian sepeda motor (curanmor), menyusul pencurian dengan pemberatan (curat) serta pencurian dengan kekarasan (curas). Sebut saja 198 dalam 5 bulan ini, curas terjadi yang artinya aksi jambret nyaris setiap harinya mengbayangi pengendara motor di metropolis ini.

Data yang terangkum sejak Januari sampai akhir Juli 2013 aksi jambret terjadi di wilayah hukum Polresta serta Polsek jajaran Januari sebanyak jumlah tindak pidana (JTP) 35 kasus, tidak sebanding dengan jumlah pengungkapan tindak pidana (PTP) 9 kasus. Sedkit menurun Februari JTP 31 dan PTP 10 kejadian. Lalu Maret JTP 32 dengan PTP 14 kasus. April JTP 51 dengan PTH hanya 7 saja. Lantas Mei JTP 39 kejadian dan 6 pengungkapan, serta akhir Juni itu 11 kasus dan baru selesai 3 kasus.

Tingginya tingkat kejahatan ini sayangnya tidak seiring dengan jumlah pengungkapan perkaranya. Seperti yang terjadi di tahun 2012 sebanyak pencurian dengan kekerasan, didominasi perampasan dengan kekerasan diatas sepeda motor terjadi

385 kasus sedan yang terungkap hanya 106 kejadian. Sementara setiap tahunya angka kejahatan terus mengalami peningkatan. Ironisnya, pengungkapan para pelaku kejahatan tidak lain setelah tertangkap tangan massa, dengan kondisi babak belur usai jadi bulab-bulanan massa. Sementara korban kebrutalan bandit jalanan tidak sedikit mengalami luka-luka berat hingga dilarikan ke rumah sakit. Pasalnya biasanya para pelaku beraksi cepat hanya dalam hitungan menit dan telah direncanakan. Akan sulit untuk mengindatifikasi identitas kedua pelaku.

PALEMBANG--Berbagai tindakan kejahatan hampir setiap hari terjadi diurutan pertama diduduki pencurian sepeda motor (curanmor), menyusul pencurian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News