Tidak Semua Orang Suka Musik

Tidak Semua Orang Suka Musik
Tidak Semua Orang Suka Musik

jpnn.com - JANGAN heran atau bahkan marah, jika anda menemui teman yang tidak suka musik. Meski akan sangat langka, namun suatu saat anda pasti akan menemui si manusia unik tersebut.

Orang yang tidak suka musik, bisa jadi mengalami amusia atau ketidakmampuan merasakan kenikmatan tertentu dari musik.

"Identifikasi orang-orang seperti ini sangat penting untuk memahami dasar musik yakni bagaimana serangkaian not sebuah musik diterjemahkan dalam bentuk emosi seseorang," kata peneliti Josep Marco-Pallares, seperti dilansir laman Medicalxpress,Rabu (7/5).

Dalam sebuah riset, Josep dan timnya menemukan petunjuk tentang bentuk anhedonia atau tidak bisa menikmati musik. Josep dkk menemukan beberapa orang memiliki sensitivititas yang rendah terhadap musik.

Untuk memperkuat temuannya, peneliti mengamati tiga kelompok yang terdiri dari sepuluh orang dengan tingkat sensitivitas terhadap musik yang tinggi, sedang, dan rendah.

Peserta diminta melakukan dua hal yaitu menilai seberapa besar kesenangan mereka saat mendengar musik dan menentukan siapa penyanyi yang berhak memenangkan penghargaan dengan diberi hadiah uang.

"Kedua tugas itu terbukti melibatkan sirkuit neural dan menghasilkan dopamin. Kami juga melihat respons konduktansi kulit dan denyut jantung sebagai indikator fisiologis emosi," kata Josep.

Disebutnya lagi, hasilnya jelas bahwa beberapa orang yang sehat dan bahagia pun ada yang tidak menikmati musik dan tidak merespons alunan musik saat mereka mendengarkan.

JANGAN heran atau bahkan marah, jika anda menemui teman yang tidak suka musik. Meski akan sangat langka, namun suatu saat anda pasti akan menemui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News