Tiga Pengedar Sabu-Sabu di Pasaman Sumbar Dituntut Hukuman Mati

Tiga Pengedar Sabu-Sabu di Pasaman Sumbar Dituntut Hukuman Mati
Sidang penuntutan terhadap ketiga terdakwa di Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping, Sumatra Barat (Sumbar) pada Kamis (4/7). Foto: ANTARA/HO-KejatiSumbar

jpnn.com, PADANG - Tiga terdakwa kasus narkoba jenis sabu-sabu Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) dituntut hukuman mati.

Tuntutan tersebut dibacakan oleh Tim JPU Sobeng Suradal dan kawan-kawan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping, Sumbar pada Kamis (4/7).

"JPU pada Kejaksaan Negeri Pasaman telah membacakan tuntutan pidana kepada tiga terdakwa dalam perkara narkotika dengan hukuman masing-masingnya pidana mati," kata Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumbar Mustaqpirin di Padang.

Ketiga terdakwa tersebut adalah Guntur Hasibuan panggilan Guntur, M Ridwan panggilan Iwan, dan M Zikri panggilan Riko yang diduga merupakan sindikat pengedar narkoba.

Mustaqpirin menjelaskan hukuman mati dituntut setelah JPU meyakini para terdakwa secara sah dan terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana pasal 114 ayat (2) Undang-Undang nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Juncto (Jo) pasal 132 ayat (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009.

Ia mengatakan, selain ketiga terdakwa tersebut, ada satu terdakwa lainnya atas nama Rahman yang masih terlibat di jaringan yang sama.

Namun tim JPU menuntut Rahman dengan hukuman yang berbeda yakni 20 tahun penjara, dan pidana denda sebesar Rp1 miliar dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti dengan penjara selama satu tahun.

"Setelah membacakan tuntutan terhadap para terdakwa maka sidang selanjutnya akan digelar dengan agenda mendengar pembelaan (pledoi) dari terdakwa," katanya.

Tiga terdakwa kasus narkoba jenis sabu-sabu Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) dituntut hukuman mati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News