Tiga Sungai Jakarta akan Dikeruk

Tiga Sungai Jakarta akan Dikeruk
Tiga Sungai Jakarta akan Dikeruk
JAKARTA - Tiga sungai yang melintas di wilayah Jakarta Pusat menjadi prioritas utama untuk pengerukan. Ketiga sungai tersebut masing-masing Sungai Kerukut Bawah yang berada di wilayah Kecamatan Tanah Abang, Kali Rawa Kerbau di kawasan Kecamatan Cempaka Putih, dan Kali Sentiong yang berada di wilayah Kecamatan Johar Baru dan Kemayoran.

 Kondisi ketiga sungai itu kini amat dangkal dan dipenuhi endapan Lumpur. Pasalnya, lebih dari sepuluh tahun tak pernah dikeruk. Bahkan badan Kali Krukut Bawah yang melintas di wilayah Kelurahan Kebon Melati, kedalamannya kini hanya sekitar 30 cm lantaran lebih dari 20 tahun  tak pernah dikeruk. Kondisi ini dikeluhkan warga sekitar. Setiap kali turun hujan, air sungai meluap dan menggenangi pemukiman warga.

 “Badan Kali Krukut Bawah itu memang belum pernah dilakukan pengerukan. Untuk memasuki kawasan itu sangat sulit. Di sepanjang bantaran sungai tak ada jalan untuk dilewati truk maupun kendaraan lainnya. Namun kini, sekarang sudah ada kapal keruk kecil,” ujar Kepala Bidang Pemeliharaan Prasarana/Sarana Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum (PSDA DPU) DKI Jakarta, Tarzuki, kemarin.

 Rencananya Kali Kerukut Bawah mulai dari Pintu Air Karet, hingga Kali Cideng yakni sepanjang 1.270 meter akan dikeruk sedalam satu meter. Pengerukan tak bisa dilakukan lebih dalam lagi, mengingat bantaran sungai dipenuhi bangunan pemukiman warga. Jika pengerukan dipaksakan lebih dalam, dikhawatirkan bantaran sungai longsor. Akibatnya, rumah penduduk yang berada di atasnya akan ikut terseret.

JAKARTA - Tiga sungai yang melintas di wilayah Jakarta Pusat menjadi prioritas utama untuk pengerukan. Ketiga sungai tersebut masing-masing Sungai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News