Tim BTB Diterjunkan untuk Membantu Korban Banjir di OKU

Tim BTB Diterjunkan untuk Membantu Korban Banjir di OKU
Tim BTB Diterjunkan untuk Membantu Korban Banjir di OKU. Foto: Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerjunkan tim Tanggap Bencana (BTB) untuk membantu korban bencana banjir bandang di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan sejak Selasa, 7 Mei 2024.

Pimpinan BAZNAS Saidah Sakwan menyatakan, tim BTB yang diterjunkan segera melakukan peninjauan pada lokasi terdampak. Lalu, memberikan bantuan yang dibutuhkan bagi para korban bencana banjir.

"Tim gabungan terdiri dari BTB Pusat, BTB Provinsi Sumsel, dan BTB Kab. OKU," ujar Saidah dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (13/5).

Saidah mengungkapkan, tim BTB memberikan layanan kepada warga terdampak. Layanan yang diberikan, seperti mendirikan tenda darurat an dapur umum.

Selain itu, dapur air bersih di empat kecamatan, yakni Kecamatan Baturaja Barat, Baturaja Timur, Lubuk Batang, dan Peninjauan.

"Kami jug turut membantu meringankan beban warga terdampak bencana, salah satunya melakukan giat evakuasi warga ke tempat aman dengan perahu karet,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua II BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan, Edi Purnomo ST yang ikut terjun ke lokasi bencana menyampaikan, banjir tersebut merendam 1.695 rumah di beberapa desa Kabupaten OKU, Sumatera Selatan.

"Ini yang kemudian membuat pemerintah setempat menetapkan status siaga banjir atas bencana ini,” ungkapnya.

BAZNAS menerjunkan tim BTB untuk membantu korban banjir di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News