Tingkatkan Kuota Peserta Didik, Pemprov Jateng Tambah Layanan Pendidikan SMA

Tingkatkan Kuota Peserta Didik, Pemprov Jateng Tambah Layanan Pendidikan SMA
Pemprov Jateng tingkatkan kuota peserta didik dengan menambah layanan pendidikan SMA. Foto: Pemprov Jateng

jpnn.com, SURAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menambah layanan pendidikan SMA supaya mampu meningkatkan daya tampung peserta didik di wilayahnya.

Penambahan itu ditandai dengan diresmikannya SMA Negeri 9 Surakarta yang berlokasi di Kelurahan Mojo. Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta pada Senin (3/6).

"Selama ini tidak ada SMA negeri yang ada di Kecamatan Pasar Kliwon, sehingga dengan keberadaan SMA 9 ini, tentunya menjadi suatu kebahagiaan bagi para orang tuanya,” kata Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana.

Dengan didirikannya sekolah tersebut, calon peserta didik di Kecamatan Pasar Kliwon kini bisa lebih mudah mendaftar sekolah negeri. Sebelumnya, mereka harus bersaing dengan calon peserta didik di kecamatan lain karena belum ada sekolah di zonasinya.

Nana mengatakan infrastruktur gedung serta sarana prasarana pendukung akan terus ditingkatkan. Pemprov Jateng masih mengalokasikan anggaran untuk keperluan tersebut tahun depan.

Dikatakan Nana, pendirian SMA Negeri 9 ini merupakan kolaborasi Pemprov Jateng dengan Pemkot Surakarta. Lahan SMA N 9 ini merupakan hibah dari Pemkot Surakarta, yang dahulunya SD Mojo.

Kolaborasi Pemprov dan Pemerintah kabupaten/kota seperti ini juga sudah dilakukan di Kabupaten Banjarnegara dan Banyumas, dengan hadirnya SMK Negeri Pagentan Banjarnegara, dan SMK Negeri Lumbir, Kabupaten Banyumas.

Sinergi memberi layanan dasar sektor pendidikan, dilakukan dengan hibah lahan dari pemkot/pemkab untuk dibangun Unit Sekolah Baru (USB) Jenjang Pendidikan Menengah.

Pemprov Jateng tingkatkan kuota peserta didik dengan menambah layanan pendidikan SMA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News