Tiongkok Belum Pastikan Benda Di Satelit Terkait MH370

Tiongkok Belum Pastikan Benda Di Satelit Terkait MH370
Penemuan benda yang diduga terkait pesawat Malaysia Airlines MH370 oleh satelit Tingkok. FOTO: ist

jpnn.com - PEMERINTAH Tiongkok akhirnya angkat bicara soal penemuan tiga objek besar di Laut China Selatan yang diduga sebagai puing dari pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak Sabtu (8/3) lalu. Meski menganggap penemuan puing ini adalah secercah harapan, tapi beberapa pejabat lain mengaku kebingungan dengan banyaknya informasi yang beredar. Terutama tentang penemuan tiga benda itu. 

"Ada terlalu banyak informasi dan kebingungan saat ini. Hal ini sangat sulit bagi kita untuk memutuskan mana bagian tertentu dari informasi yang akurat," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri, China Qin Gang 

Bahkan Kepala penerbangan sipil China Li Jiaxiang Kamis (13/3) belum bisa memastikan penemuan itu terkait dengan hilangnya pesawat yang hilang saat terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Beijing, Tiongkok itu. "Saat ini kami belum dapat mengkonfirmasi hal ini berkaitan dengan pesawat yang hilang," kata Li Jiaxiang seperti dikutip BBC. 

Seperti diketahui China's State Administration for Science, Technology and Industry for National Defense mengumumkan tiga benda itu mengambang di koordinat 105,63 bujur timur dan 6,7 lintang utara.

Ukuran tiga benda itu juga tak kecil. Yakni, 13x18 meter, 14x19 meter dan 24x22 meter. Tiga benda ini berada di dalam radius 20 kilometer. 

Sebenarnya, tiga benda itu ditemukan oleh satelit Tiongkok pada Minggu (9/3), sehari setelah pesawat dari maskapai berkode MAS itu dinyatakan hilang saat terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Beijing, Tingkok. Namun baru Rabu (12/3) penemuan itu dirilis.  (mas/jpnn)


PEMERINTAH Tiongkok akhirnya angkat bicara soal penemuan tiga objek besar di Laut China Selatan yang diduga sebagai puing dari pesawat Malaysia Airlines


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News