Tiongkok Rilis Daftar Teroris Pengincar Olimpiade 2008

Tiongkok Rilis Daftar Teroris Pengincar Olimpiade 2008
Tiongkok Rilis Daftar Teroris Pengincar Olimpiade 2008
BEIJING – Olimpiade 2008 telah usai digelar. Even olahraga empat tahunan itu berlangsung lancar dan sukses. Tapi, tahukah Anda kalau sesungguhnya even yang berlangsung di Beijing itu sempat menjadi target incaran para teroris untuk dikacaukan? 

Hal itu terungkap setelah Selasa (21/10) Tiongkok merilis daftar berisi delapan nama teroris yang berencana untuk beraksi selama Olimpiade lalu. Mereka adalah warga Tiongkok dari kelompok minoritas muslim Uighur yang tergabung dalam Pergerakan Islam Turkistan Timur (ETIM). Amerika telah memasukkan organisasi itu sebagai kelompok teroris yang memiliki koneksi dengan Al-Qaidah

”Delapan orang itu merupakan anggota kunci dari ETIM. Kami meminta bantuan internasional untuk menangkap mereka,” ujar Wu Heping, juru bicara Menteri Pertahanan Umum Tiongkok, kemarin.

Dua di antara kedelapan tersangka, yaitu Xiamisidingaihemaiti Abudumijiti dan Aikemilai Wumaierjiang, melakukan percobaan pemboman di pasar besar tempat dimana banyak pebisnis Tiongkok berkumpul sebelum upaya pembukaan Olimpiade pada 8 Agustus lalu. Orang ketiga, Yakuf Memeti, menargetkan kilang minyak besar. Namun, berkat ketatnya pengamanan, kedua aksi tersebut berhasil digagalkan. 

BEIJING – Olimpiade 2008 telah usai digelar. Even olahraga empat tahunan itu berlangsung lancar dan sukses. Tapi, tahukah Anda kalau sesungguhnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News