Tip Berinvestasi dari Direktur BNI, Investor Pemula Wajib Tahu

Tip Berinvestasi dari Direktur BNI, Investor Pemula Wajib Tahu
Direktur Retail BNI Corina Leyla Karnalies membagikan tips berinvestasi kepada investor pemula dan sesuai dengan profil risiko masing-masing individu. Foto: dok Antara

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Retail Banking PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BNI) Corina Leyla Karnalies membagikan tips berinvestasi kepada investor pemula dan sesuai dengan profil risiko masing-masing individu.

“Profil risiko menjadi panduan dasar untuk menentukan keseimbangan antara toleransi risiko dan imbal hasil yang diharapkan,” kata Corina dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Pertama, investor perlu mengetahui cash flow atau aliran kas, yakni besarnya pemasukan dan pengeluaran rutin sehingga alokasi dana untuk setiap pos investasi dapat ditentukan dengan tepat.

Kemudian, pengetahuan mengenai jenis instrumen investasi juga menjadi kunci. Corina menyarankan agar investor terlebih dahulu memastikan besarnya dana yang dianggarkan sebelum menentukan jenis produk yang sesuai.

“Setelah semua faktor tersebut teridentifikasi, langkah selanjutnya adalah memilih produk investasi berdasarkan kebutuhan dana dan profil risiko masing-masing,” ujarnya

Corina juga mengatakan bahwa investor harus tepat memilih produk investasi sesuai jangka waktu dan tujuan finansial.

Bagi kebutuhan dana kurang dari satu tahun, produk seperti tabungan, deposito, forex trading, dan reksa dana pasar uang menjadi pilihan yang tepat.

Untuk jangka waktu satu hingga tiga tahun, dia merekomendasikan instrumen seperti obligasi ritel negara, reksa dana campuran, dan reksa dana.

Direktur Retail BNI Corina Leyla Karnalies membagikan tips berinvestasi kepada investor pemula dan sesuai dengan profil risiko masing-masing individu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News