Tip Meredakan Nyeri Sendi di Lutut, Bisa jadi Solusi Ampuh

Tip Meredakan Nyeri Sendi di Lutut, Bisa jadi Solusi Ampuh
Nyeri sendi di lutut adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang aktif secara fisik atau memiliki riwayat cedera. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nyeri sendi di lutut adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang aktif secara fisik atau memiliki riwayat cedera.

Lutut adalah sendi yang berperan penting dalam aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, berlari, atau naik-turun tangga.

Nyeri di bagian ini bisa sangat mengganggu dan membatasi gerak. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri lutut, baik melalui pengobatan medis maupun peregangan sederhana.

Menurut Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kulon Progo dengan situs pafikulonprogo.org, memahami penyebab nyeri sendi adalah langkah awal yang penting sebelum memutuskan metode pengobatan atau perawatan.

Pengobatan untuk Nyeri Lutut

Salah satu cara yang paling umum untuk meredakan nyeri lutut adalah dengan penggunaan obat-obatan antiinflamasi. Obat-obatan seperti ibuprofen atau aspirin dapat membantu mengurangi peradangan yang menjadi penyebab utama nyeri pada sendi lutut.

Selain itu, salep atau krim pereda nyeri yang mengandung bahan aktif seperti mentol atau capsaicin dapat memberikan efek pendinginan atau penghangatan yang membantu meredakan ketidaknyamanan.

Jika nyeri lutut disebabkan oleh kondisi medis seperti osteoarthritis, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan yang lebih kuat, seperti kortikosteroid atau suntikan asam hialuronat untuk melumasi sendi lutut dan mengurangi gesekan yang menyebabkan nyeri.

Nyeri sendi di lutut adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang aktif secara fisik atau memiliki riwayat cedera.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News