TNI AL Evakuasi dan Identifikasi Benda Mirip Rudal di Kepulauan Anambas

TNI AL Evakuasi dan Identifikasi Benda Mirip Rudal di Kepulauan Anambas
Benda mirip rudal ditemukan di tepian pantai oleh warga Anambas, Kepri, Selasa (19/1). (ANTARA/HO).

jpnn.com, ANAMBAS - Personel Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lanal) Tarempa mengevakuasi benda menyerupai peluru kendali (rudal).

Benda ini sebelumnya ditemukan warga Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (19/1) lalu.

Komandan Lanal (Danlanal) Tarempa Letnan Kolonel (P) Efran Indra melalui Kepala Dinas Penerangan (Dispen) Lantamal IV Tanjungpinang Mayor Mar Saul Jamlaay mengatakan pengamanan benda tersebut dilakukan supaya warga tidak khawatir.

"Benda tersebut telah diamankan ke Lanal Tarempa agar warga setempat tidak khawatir," kata , Jumat (22/1).

Hanya saja, Saul mengaku pihaknya sampai saat ini belum mengetahui apa sebenarnya benda yang ditemukan warga tersebut. Dia mengaskan bahwa pihaknya masih melakukan identifikasi terkait temuan warga itu.

Saul berjanji akan memberikan informasi bila sudah ada hasil identifikasi. "Masih diidentifikasi, kami segera informasikan kalau memang sudah ada hasilnya," kata Saul.

Seperti diketahui sebelumnya, benda mirip rudal berwarna biru dengan beberapa tulisan Tiongkok ditemukan nelayan bernama Ain dan putranya, Aris, di tepian pantai di Kecamatan Siantan, Selasa (19/1) sekitar pukul 15.30 WIB.

Adapun berat benda yang ditemukan itu sekitar 25 kilogram. Panjangnya sekitar 1,5 meter. Ain mengaku bingung ketika pertama kali melihat benda tersebut. Pasalnya, ia belum pernah melihat benda seperti ini sebelumnya. "Saya memang tidak tahu nama alat ini," kata Ain.

Evakuasi dilakukan supaya warga tidak khawatir. Proses identifikasi masih berlangsung untuk memastikan benda apa yang ditemukan warga di Anambas tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News