TNI Segera Bentuk Kodam Baru di Kalimantan

Antisipasi Ganguan di Perbatasan Malaysia

TNI Segera Bentuk Kodam Baru di Kalimantan
TNI Segera Bentuk Kodam Baru di Kalimantan
JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) berencana membentuk Komando Daerah Militer (Kodam) baru di wilayah Pulau Kalimantan. Hal itu dikarenakan antisipasi terhadap potensi gangguan di wilayah perbatasan Kalimantan dengan Malaysia kurang optimal jika hanya dilakukan satu Kodam yakni Kodam Tanjungpura.

Rencana pembentukan Kodam baru di Kalimantan itu disampaikan panglima TNI Jendral Djoko Santoso dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR, Senin (8/6). Dalam raker yang dipimpin Ketua Komisi I DPR Theo L Sambuaga itu Djoko menyatakan bahwa dengan mencuatnya kasus Ambalat maka posisi Pulau Kalimantan menjadi semakin penting bagi Indonesia dalam menghadapi Malaysia.

Menurut Djoko, garis perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia begitu panjang. “Dengan mencuatnya Ambalat, dan kita hadapi Malaysia, kita ingat betapa pentingnya Pulau Kalimantan yang punya garis perbatasan 2004 kilometer,” sebut Djoko.

Karenanya, TNI akan memperpendek rentang kendali dengan membentuk Kodam baru di Kalimantan. “Kita lihat  betapa pentingnya Pulau Kalimantan sehingga diperlukan satu pengorganisasian yang lebih baik. Untuk itu tahun depan, Kodam di Kalimantan akan dimekarkan jadi dua,” sebutnya

JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) berencana membentuk Komando Daerah Militer (Kodam) baru di wilayah Pulau Kalimantan. Hal itu dikarenakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News