TNI Tak Akan Protes Pemerintah AS

TNI Tak Akan Protes Pemerintah AS
TNI Tak Akan Protes Pemerintah AS

JAKARTA - Insiden penerobosan perairan RI di Natuna, Selasa (23/6) lalu memang patut dikhawatiran. Namun TNI justru menganggap hal itu bukan insiden besar. Kapuspen TNI Marsekal Muda Sagoem Tamboen menegaskan, tidak ada masalah dengan melintasnya enam kapal perang milik AS negeri Paman Sam itu karena iring-iringan itu hanya melewati Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI)..

“Karena mereka lewat ALKI. Sebagai negara kepulauan, ALKI kita memang terbuka untuk siapa saja,” ujarnya kepada JPNN, Kamis (25/6)

Ditanya apakah pihak AS sudah melakukan komunikasi dengan pihak Indonesia sebelum enam kapak itu melintas dan sempat menerobos perairan Natuna,  Sagoem mengatakan bahwa untuk melewati ALKI tidak perlu ijin. “Itu sudah resiko kita sebagai negara kepulauan. Yang penting fungsi TNI tetap berjalan. Dan kemarin kan sudah dibuktikan,” ujarnya.

Jika memang tidak bermasalah, lantas mengapa sempat ada sedikit ketegangan saat pesawat TNI AU melakukan pencegahan? Sagoem memaparkan yang terjadi sebenarnya bukanlah ketegangan. “Karena sudah menjadi tugas TNI untuk melakukan pengawalan. Armada AS juga akhirnya menyingkir. Itu bukti kalau TNI AL dan TNI AU kita melaksanakan tugas pengawalan wilayah dengan baik,” tukasnya.

JAKARTA - Insiden penerobosan perairan RI di Natuna, Selasa (23/6) lalu memang patut dikhawatiran. Namun TNI justru menganggap hal itu bukan insiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News