Tokoh Betawi Berharap Jokowi Tepati Janji

Tokoh Betawi Berharap Jokowi Tepati Janji
Tokoh Betawi Berharap Jokowi Tepati Janji
PARA  tokoh Betawi se Jakarta menaruh harapan besar pada calon gubernur pemenang Pilkada DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) terhadap pengembangan kebudayaan Betawi. Meski Jokowi bukan berasal dari etnis Betawi, sepertihalnya Fauzi Bowo, namun sebagai pemimpin ia diharapkan memberikan perhatian besar pada budaya lokal tempat ia memimpin. Apalagi, saat ini kondisi kebudayaan Betawi terus terpinggirkan dan tergerus kebudayaan luar yang deras membanjiri ibu kota.

Ketua Pranata Kebudayaan Betawi, yang juga mantan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Margani M Mustar, mengatakan, kebudayaan Betawi membutuhkan pemimpin yang berjiwa mengayomi. Dalam beberapa kesempatan ia mendengar sendiri janji Jokowi, terkait komitmenya untuk memperhatikan pengembangan budaya Betawi. "Janji itu membuat kami optimis Jokowi akan memperhatikan kebudayaan Betawi,"  kata Margani, saat Kegiatan Semiloka Pranata Kebudayaan Betawi 2012, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Kamis (4/10).

Menurut Margani, penerapan kebudayaan Betawi mendapatkan pengakuan sejak tahun 1974. Ketika itu, di masa kepemimpinan Gubernur DKI, Bang Ali Sadikin, perkembangan dan dimensi kebudayaan Betawi mengalami perkembangan dan kemajuan secara signifikan. ’’Selama ini perkembangan kebudayaan tidak ditentukan dengan etnik pimpinan. Oleh karena itu, saya optimis walaupun gubernur yang sekarang, Pak Jokowi bukan orang Betawi tapi Insya Allah beliau akan ikut mengembangkan budaya Betawi,’’ tukasnya.

Pengurus Pranata Kebudayaan Betawi, Effendi Yusuf, mengungkapkan, warga Betawi memang berharap gubernur baru dapat memperhatikan masa depan kebudayaan Betawi. Namun, bukan berarti warga Betawi menggantungkan sepenuhnya nasib mereka pada gubernur. Mereka tetap berjuang melalui banyak hal. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Semiloka Pranata Kebudayaan Betawi, yang dihadiri para tokoh kebudayaan dan akademisi. Kegiatan tersbut merupakan  tindak lanjut dari pelaksanaan amanat pada Kongres Kebudayaan Betawi, Semiloka Pranata Kebudayaan Betawi sudah dilaksanakan beberapa kali pertemuan sejak bulan Juni 2012.

PARA  tokoh Betawi se Jakarta menaruh harapan besar pada calon gubernur pemenang Pilkada DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) terhadap pengembangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News