Tol Solo-Yogyakarta Seksi 1 Diresmikan, Mengefisienkan Waktu Tempuh & Pengungkit Pertumbuhan Ekonomi

Tol Solo-Yogyakarta Seksi 1 Diresmikan, Mengefisienkan Waktu Tempuh & Pengungkit Pertumbuhan Ekonomi
Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mendampingi Presiden Joko Widodo yang meresmikan ruas tol Solo-Yogyakarta-YIA seksi 1 Kartasura-Klaten, di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Kamis (19/9). Selain Nana, turut mendampingi Presiden Jokowi ialah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com - BOYOLALI - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meresmikan ruas tol Solo-Yogyakarta-YIA seksi 1 Kartasura-Klaten, di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jateng, Kamis (19/9).

"Alhamdulillah, ya, tol ini sudah diresmikan. Mulai pukul 00.00 WIB nanti sudah bisa digunakan (untuk umum)," kata Nana seusai mendampingi Presiden Jokowi.

Nana menjelaskan ruas tol ini diproyeksikan mengurai kemacetan di jalan nasional Solo-Yogyakarta. Ruas tol ini sekaligus sebagai pengungkit pertumbuhan perekonomian di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Keberadaan tol ini dapat mengurai kemacetan yang selama ini terjadi di Klaten-Surakarta (dan sebaliknya). Semoga ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya," ungkap Nana.

Presiden Jokowi mengatkaan ruas tol seksi 1 Kartasura-Klaten ini memiliki panjang 22,3 kilometer.  Ruas ini memiliki tiga gerbang tol, yaitu GT Banyudono, GT Polanharjo, dan GT Klaten. Pembangunan dimulai 2021 dan selesai 2024 dengan biaya sekitar Rp 5, 68 triliun.

"Sore ini jalan tol ruas Solo-Yogyakarta-YIA seksi 1 sepanjang 22,3 km sudah selesai dan siap diresmikan. Pembangunan dimulai 2021, selesai 2024," katanya saat peresmian.

Jokowi mengatakan ruas tol Solo-Yogyakarta-YIA akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas dari Surakarta dan Yogyakarta. Selain itu,  memudahkan akses ke kawasan pariwisata, dan produktif lainnya.

"Ini akan mengefisienkan waktu tempuh karena kita butuh daya saing, kecepatan, dan ketepatan waktu. Solo-Yogyakarta mungkin nanti memakan waktu 30-50 menit. Apalagi jalan nasional yang ada sudah crowded," ungkapnya.

Presiden Jokowi meresmikan ruas tol Solo-Yogyakarta Seksi 1. Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan tol ini pengungkit pertumbuhan ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News