Tolikara Rusuh saat Idul Fitri, Intelijen Waspadai Daerah Sumbu Pendek

Tolikara Rusuh saat Idul Fitri, Intelijen Waspadai Daerah Sumbu Pendek
Tolikara Rusuh saat Idul Fitri, Intelijen Waspadai Daerah Sumbu Pendek

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) segera mengeluarkan radiogram ke jajaran Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah meredam agar insiden pembakaran tempat ibadah di Tolikara, Papua saat Idul Fitri, Jumat (17/7) tidak merembet ke daerah lain.

"Jajaran Kesbangpol Kemendagri se-Indonesia senantiasa koordinasi dengan aparat inteleijen daerah dan aparat keamanan. Melalui Dirjen Kesbangpol, Kemendagri akan segera mengeluarkan radiogram memberikan petunjuk," ujar Mendagri Tjahjo Kumolo, Sabtu (18/7).

Selain menerbitkan radiogram, Tjahjo secara khusus meminta masyarakat tidak perlu emosi dan terpancing situasi. Menurutnya, masyarakat harus bersama-sama mewaspadai aksi-aksi provokasi.

Tjahjo yakin aparat keamanan mampu mengatasi masalah secara cepat dan baik. Selain itu, politikus PDI Perjuangan tersebut juga mengingatkan pentingnya koordinasi antar-aparat intelijen di daerah dan pusat.

"Daerah-daerah sumbu pendek (rawan konflik, red) pada prinsipnya perlu deteksi dini dan Kemendagri yakin sudah dilakukan tim intelijen terpadu di daerah. Kesbangpol daerah terlibat dalam deteksi dini dan memberi penyuluhan pada masyarakat untuk tenang menjaga stabilitas daerah terpadu," ujarnya.

Selain itu, Tjahjo percaya Dirjen Kesbangpol dan Pemerintahan Kemdagri, Mayjen TNI Sudarmo bisa segera melakukan koordinasi dengan baik. “Beliau (Sudarmo, red) pernah menjabat kepala BIN di Kalimantan dan Poso. Pernah juga menjadi deputi di BIN,” pungkasnya.(gir/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) segera mengeluarkan radiogram ke jajaran Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah di seluruh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News