Trio Terdakwa Rencana Serangan Teroris Natal Disidangkan

Trio Terdakwa Rencana Serangan Teroris Natal Disidangkan
Trio Terdakwa Rencana Serangan Teroris Natal Disidangkan

Tiga pria yang dituduh mempersiapkan serangan teroris di pusat kota Melbourne pada periode Natal lalu mulai disidangkan. Dalam Sidang perdana, jaksa mengatakan perbuatan ketiga pria itu dimotivasi oleh ideologi jihad ekstrimis.

Ketiga pria itu mulai dinyatakan sebagai terdakwa tahun lalu dan dituduh berkonspirasi untuk melakukan persiapan serangan teroris di pusat kota Melbourne selama periode Natal 2016.

Dalam pidato pembukaannya pada hari pertama persidangan kasus mereka di Pengadilan Tinggi Victoria, Nick Papas QC mengatakan bahwa ketiga pria itu mengikuti aliran Sunni Islam ekstrim yang mengarahkan pengikutnya untuk berperang melawan non-muslim.

"Mereka termotivasi oleh ideologi, tujuan agama untuk meningkatkan jihad melawan mereka yang non-muslim," kata Papas kepada juri yang terdiri dari delapan wanita dan tujuh pria.

"Mereka percaya mereka akan dikirim ke surga sebagai seorang martir."

Salah satu terdakwa menggelengkan kepalanya selama pidato yang dibuat oleh Jaksa Papas.

Juri juga mempertontonkan rekaman CCTV yang menunjukan tiga orang sedang berkumpul di Federation Square pada 20 Desember 2016, berbicara dalam kelompok kecil.

Jaksa menuduh kegiatan itu adalah misi pengintaian, dan merupakan bukti yang menunjukan ketiga pria itu mengambil tindakan nyata atau langkah lebih lanjut untuk melakukan serangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News