Tsering Woeser, Blogger Nyentrik yang Getol Suarakan Kebebasan Tibet

Tak Gentar Dihukum Mati, Lebih Takut Dilarang Pakai Lensa Kontak

Tsering Woeser, Blogger Nyentrik yang Getol Suarakan Kebebasan Tibet
Foto: Timesonline
Semangat patriotisme menggelora di dada Tsering Woeser. Ancaman penjara hingga hukuman mati tidak pernah menyurutkan semangat perempuan 44 tahun tersebut untuk menyuarakan kebebasan Tibet. Dia tetap aktif meng-update berita-berita dari negeri di Pegunungan Himalaya itu dari tempat tinggalnya di Tiongkok.

-----

"Jika ini terjadi, terjadilah. Saya hanya menulis apa yang saya tulis," ujar penyair sekaligus penulis esai nyentrik itu seperti dilansir The Times kemarin (11/2). Bagi dia, tekanan pemerintah Tiongkok dan ancaman hukuman bukan penghalang untuk tetap melancarkan kritik atas kebijakan Beijing di Tibet. Dia terus saja menulis puisi-puisi kebebasan Tibet dan tetap aktif menulis di blog-nya, woeser.middle-way.net.

Di era internet seperti sekarang, menyuarakan kebebasan Tibet lewat dunia maya tetap tidak mudah bagi Woeser. Sudah empat kali blog-nya diblokir pemerintah Tiongkok karena dinilai terlalu ekstrem. Setelah dua kali diblokir pada 2006 dan 2007, sarjana sastra Tiongkok itu sebenarnya sempat mem-posting aspirasinya lewat server luar negeri. Tapi, pasca kerusuhan Lhasa tahun lalu, blog-nya terlacak pemerintah dan diblokir lagi sampai dua kali.

Semangat patriotisme menggelora di dada Tsering Woeser. Ancaman penjara hingga hukuman mati tidak pernah menyurutkan semangat perempuan 44 tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News