Tsunami Kecil Sempat Terjang Aceh dan Sumut

Tsunami Kecil Sempat Terjang Aceh dan Sumut
Tsunami Kecil Sempat Terjang Aceh dan Sumut
JAKARTA - Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan bahwa sempat terjadi gempa tsunami berkekuatan kecil di wilayah Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Wilayah-wilayah yang terkena tsunami kecil letaknya dekat dengan pusat gempa.

 

"Pusat gempa di luar zona subduction (pertemuan lempeng) sehingga tsunami kecil," kata Sutopo dalam jumpa pers di kantor BNPB, Rabu (11/4) malam.

Berdasarkan informasi Bakosurtanal, tsunami kecil sempat di wilayah Lahewa Nias Utara membuat ketinggian air laut naik sekitar 1 meter. Sedangkan BMKG mencatat di wilayah Meulaboh ketinggian air laut naiknya hingga 0,8 meter. Dan di Sabang air laut naik ke permukaan setinggi 0,6 meter.

Sutopo menjelaskan, Kepala BNPB Syamsul Ma"arif sudah turun ke lokasi gempa Sumatera. BNPB akan menurunkan tiga timnya masing-masing ke Simeuleu, Padang dan Bengkulu. "Satuan reaksi cepat sudah siap di Halim, 500 personil menunggu hasil assesment," ujar Sutopo.

JAKARTA - Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan bahwa sempat terjadi gempa tsunami berkekuatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News