Tunggu Proposal Pembentukan Provinsi ALA dan ABAS

Tunggu Proposal Pembentukan Provinsi ALA dan ABAS
Tunggu Proposal Pembentukan Provinsi ALA dan ABAS
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR Abdul Hakam Naja menilai, wacana pembentukan Provinsi Aceh Lauser Antara (ALA) dan Provinsi Aceh Barat-Selatan (ABAS), memang layak. Pasalnya, secara geopolitik strategis, pemekaran di provinsi Aceh menjadi solusi pembenahan masyarakat di daerah tersebut.

"Itu salah satu uji geopolitik strategis, Aceh layak dimekarkan. Pemekaran sendiri dilihat bukan dari aspek sosial, budaya, ekonomi, tapi geopolitik juga," ujarnya kepada JPNN di Jakarta, kemarin (2/1).

Abdul Hakam Haja yang juga Ketua Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang 19 Daerah Otonom Baru (RUU 19 DOB) ini melanjutkan, geopolitik strategis yang dimaksud yakni, pemekaran provinsi di Aceh, tentunya akan berdampak terhadap kepentingan nasional.

Dimana, sesuai dengan daerah prioritas pemekaran yakni daerah-daerah perbatasan dengan negara lain. "Pulau Andaman di Aceh itu berbatasan dengan negara India. Dan itu salah satu pertimbangan Aceh layak dimekarkan," kata Abdul Hakam Naja.

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR Abdul Hakam Naja menilai, wacana pembentukan Provinsi Aceh Lauser Antara (ALA) dan Provinsi Aceh Barat-Selatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News