Tunjuk Aji Jadi Arsitek Timnas U-23

Tunjuk Aji Jadi Arsitek Timnas U-23
Tunjuk Aji Jadi Arsitek Timnas U-23

jpnn.com - SURABAYA - PSSI akhirnya resmi menunjuk Aji Santoso sebagai pelatih timnas U-23. Dia dinilai paling layak setelah didiskusikan dalam rapat Executive Committee (Exco) PSSI di Surabaya, Sabtu (25/1).

Mengenai pemilihan tersebut, Sekjen PSSI Joko Driyono menuturkan bahwa Aji terpilih karena sudah berpengalaman. Sebab, dia sudah menjadi asisten pelatih SEA Games di dua edisi, pada 2011 dan 2013, yang sama-sama mendapat perak.

"Kami memilih dia karena BTN (Badan Tim Nasional) punya analisis dengan berbagai pertimbangan dan kriteria tertentu. Selain pengalaman tim SEA Games lalu, tak banyak perubahan nanti di Asian Games. Kami berharap Aji membawa timnas U-23 lebih berprestasi," ujarnya kemarin.

Sementara itu, untuk asisten pelatih, lanjut Joko, dipilih dua nama yang juga berasal dari Jatim. Mereka adalah Mustaqim dan M. Zein Al Haddad. Meski demikian, pemberitahuan secara resmi baru diberikan kepada nama-nama pelatih yang terpilih besok (27/1). "PSSI akan proaktif dengan mengirim surat kepada mereka Senin," ucapnya.

Joko memastikan, PSSI akan langsung berkoordinasi dengan KOI, KONI, dan Menpora setelah penunjukan ini. Alasannya, mereka memang diminta secepatnya menyerahkan nama pemain dan pelatih untuk dimasukkan dalam SK Pelatnas.(aam/c17/ko)


Alasan Aji Layak Dipilih:

  1. Dua edisi SEA Games menjadi asisten Rahmad Darmawan dengan dua kali mendapat medali perak.
  2. Berpengalaman sebagai asisten pelatih sekaligus pemain saat masih aktif pada lima edisi SEA games 1991 (emas), 1993 (perunggu), 1995 (gagal lolos fase grup), 1997 (perak), dan 1999 (perunggu)
  3. Pernah bekerja dengan skuad Garuda Muda pada kualifikasi Piala AFC U-22 2013. Gagal lolos ke putaran final. Timnas tak diperkuat pemain terbaik karena masih ada dikotomi ISL-IPL yang membuat tak ada pemain ISL yang bergabung.
  4. Dengan pengalamannya, dia mungkin mampu menyempurnakan apa yang telah dibangun Rahmad Darmawan di timnas U-23 dua tahun sebelumnya.

 


SURABAYA - PSSI akhirnya resmi menunjuk Aji Santoso sebagai pelatih timnas U-23. Dia dinilai paling layak setelah didiskusikan dalam rapat Executive


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News