UBK Ajak Gen Z Membangun Bangsa Berlandaskan Pancasila

UBK Ajak Gen Z Membangun Bangsa Berlandaskan Pancasila
Seminar bertema “Implementasi Nilai Pancasila Untuk Pembentukan Karakter Generasi Z” yang digelar di Universitas Bung Karno (UBK), Selasa (24/9). Foto: Dokumentasi UBK

jpnn.com, JAKARTA - Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bung Karno (UBK) Franky Roring, S.IP., M.Si mengajak seluruh elemen bangsa, termasuk anak muda untuk memperkuat bangsa dengan berlandaskan Pancasila.

Hal itu, diungkapkan Franky dalam seminar bertema “Implementasi Nilai Pancasila Untuk Pembentukan Karakter Generasi Z” yang digelar di UBK, Selasa (24/9).

Menurutnya, Pancasila sebagai landasan ideologi bangsa Indonesia terus relevan dan harus diaktualisasikan dalam menghadapi tantangan zaman, khususnya oleh generasi Z.

Oleh karena itu pentingnya memahami bahwa Pancasila bukanlah tandingan moral atau agama.

Alih-alih, Pancasila justru merangkum cerminan nilai-nilai luhur yang telah ada di tengah masyarakat Indonesia sebelum konsep ini dicetuskan.

Bung Karno tidak menciptakan Pancasila, tetapi merumuskan kembali nilai-nilai yang sudah ada di masyarakat,” ucapnya.

Franky juga menyebutkan Pancasila tidak menghilangkan identitas individu atau kelompok manapun, tetapi justru menjadi pemersatu bagi bangsa yang beragam.

“Dengan menjadi Pancasila bukan berarti kita melepaskan identitas kita, bukan mengedepankan golongan atau kelompok kita. Orang Muslim tetap Muslim walaupun dia jadi Indonesia dengan Pancasila, orang Kristen tetap Kristen walaupun dia menerima Pancasila, orang Budha tetap Budha walaupun dia menjadi Indonesia dengan Pancasila. Jadi, tidak ada satu pun identitas yang harus dikorbankan dengan menerima Pancasila,” kata Franky

Dekan FISIP UBK Franky Roring mengajak seluruh elemen, termasuk Gen Z untuk membangun bangsa dengan berlandaskan Pancasila

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News