UEFA Pakai Lima Wasit

UEFA Pakai Lima Wasit
PENGADIL - Ujicoba penerapan lima wasit yang dinilai berhasil di Europa League. Foto: Getty Images.
NYON - Penggunaan lima pengadil lapangan semakin marak di Eropa. Setelah diperkenalkan di pentas Europa League musim lalu, lima pengadil akan bertugas di Liga Champions dan kualifikasi Euro 2012. Lima pengadil itu terdiri dari wasit, dua asisten wasit di pinggir lapangan, serta dua asisten wasit di belakang gawang.

UEFA (Asosiasi Sepakbola Eropa) memutuskan adanya penambahan perangkat pengadil itu, setelah mendapat lampu hijau dari IFAB alias lembaga yang membuat aturan sepakbola di dunia. Ide itu sendiri dicetuskan oleh Presiden UEFA Michel Platini, sebagai alternatif penggunaan teknologi.

"Executive Committee UEFA, sebagaimana persetujuan dari IFAB, memutuskan bakal menerapkan lima wasit di Liga Champions dan kualifikasi Euro untuk dua musim ke depan. Setelah itu, akan dilakukan evaluasi lagi," demikian penjelasan UEFA, di situs resmi organisasi itu, Jumat (28/5) lalu.

Lima wasit di Liga Champions rencananya diterapkan sejak fase playoff, Agustus nanti. Sedangkan di Euro 2012, sudah akan dilaksanakan sejak babak kualifikasi yang dimulai September mendatang.

NYON - Penggunaan lima pengadil lapangan semakin marak di Eropa. Setelah diperkenalkan di pentas Europa League musim lalu, lima pengadil akan bertugas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News