UI Tutup Spekulasi yang Ragukan Kelulusan Program Doktor Menteri Bahlil

UI Tutup Spekulasi yang Ragukan Kelulusan Program Doktor Menteri Bahlil
Bahlil Lahadalia, ketua Partai Golkar sekaligus Menteri ESDM. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) akhirnya menutup spekulasi yang beredar di masyarakat terkait kelulusan S3 Menteri ESDM Bahlil Lahadalia.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI sekaligus co-promotor disertasi Bahlil Dr. Teguh Dartanto memberikan klarifikasi resmi mengenai proses akademik Bahlil.

Dia menegaskan seluruh tahapan yang dilalui Bahlil sudah sesuai dengan aturan yang berlaku di UI.

Teguh Dartanto menegaskan Bahlil telah memenuhi semua syarat administratif berdasarkan Peraturan Rektor No. 26/2022, khususnya Pasal 20, yang mengatur bahwa masa studi program doktor dijadwalkan untuk 6 semester dan dapat ditempuh paling sedikit dalam 4 semester atau paling lama 10 Semester.

“Bahlil telah menempuh 4 Semester, yaitu pada Semester Genap 2022/2023, Ganjil 2023/2024, Genap 2023/2024, dan Ganjil 2024/2025. Oleh karena itu, secara administratif, saya menandatangani persetujuan disertasi untuk maju ke tahap promosi,” kata Teguh Dartanto dalam keterangan resminya, Kamis (23/10/2024).

Menurut dia, secara administratif, legal, dan formal, Bahlil sudah layak untuk maju ke tahap promosi doktoral.

“Perdebatannya hanya kapan waktu pelaksanaannya, tetapi secara prosedural dan syarat akademik, dia sudah memenuhi," ucapnya.

Teguh juga menjelaskan Bahlil telah menyelesaikan syarat publikasi akademik yang merupakan salah satu prasyarat kelulusan program doktor di UI.

Universitas Indonesia (UI) akhirnya menutup spekulasi yang beredar di masyarakat terkait kelulusan S3 Menteri ESDM Bahlil Lahadalia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News