Ulama Reformis Tantang Ahmadinejad

Ulama Reformis Tantang Ahmadinejad
Ulama Reformis Tantang Ahmadinejad
TEHERAN - Pemilihan presiden Iran baru akan diadakan tahun depan. Tapi, atmosfer persaingan sudah terasa mulai sekarang. Mehdi Karoubi, ulama reformis yang juga mantan ketua parlemen, menjadi tokoh pertama yang resmi mencalonkan diri.

''Setelah negosiasi dan konsultasi, saya mengumumkan siap berkompetisi dalam pemilihan,'' ujarnya sebagaimana dikutip kantor berita ISNA kemarin (12/10).

Karoubi bakal bersaing dengan presiden incumbent Mahmoud Ahmadinejad yang diperkirakan bakal kembali maju. Dua tokoh itu berbeda aliran. Kalau Karoubi dikenal reformis dan moderat, Ahmadinejad konservatif dan radikal.

Awal tahun lalu Karoubi pernah mengatakan bahwa Iran harus siap berunding dengan lawannya, terutama Amerika Serikat. Selama lebih dari tiga dekade, Washington dan Teheran tidak memiliki hubungan diplomatik. Dua negara itu hingga kini juga masih berseteru terkait dengan program nuklir Iran.

TEHERAN - Pemilihan presiden Iran baru akan diadakan tahun depan. Tapi, atmosfer persaingan sudah terasa mulai sekarang. Mehdi Karoubi, ulama reformis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News