UMKM Binaan BSI Tembus Pasar Global, Dapat Order Puluhan Ton

UMKM Binaan BSI Tembus Pasar Global, Dapat Order Puluhan Ton
BSI Aceh Muslimpreneur (AMP) untuk memberikan peluang bagi generasi muda di Aceh agar mereka tidak hanya mampu bersaing di level lokal, tetapi juga bisa naik kelas dan menembus pasar global. Foto dok. BSI

jpnn.com - Data Bank Syariah Indonesia (BSI) Institute menunjukkan Provinsi Aceh memiliki sekitar 914 ribu wirausaha muda, dengan 406 ribu di antaranya berada dalam segmen milenial berusia 15-34 tahun.

Potensi ekonomi yang besar ini menjadikan Aceh sebagai wilayah yang sangat strategis bagi pengembangan.

Melihat potensi tersebut, BSI terus fokus mendukung dan mendorong pertumbuhan sektor UMKM di Aceh dengan pendampingan dan penguatan ekonomi kemasyarakatan.

Di antara programnya, penyaluran pembiayaan UMKM, program BSI Aceh Muslimpreneur, pembangunan fasilitas BSI UMKM Center di Aceh, dan pendampingan UMKM naik kelas lewat program-program pelatihan di BSI UMKM Center.

“Kami yakin, dengan pembinaan yang tepat serta pemanfaatan teknologi dan inovasi, wirausaha muda Aceh dapat menciptakan perubahan signifikan, menghubungkan pasar lokal dengan peluang global, serta menjadikan Aceh sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi syariah unggul di Indonesia,” kata Direktur Retail Banking BSI Harry Gusti Utama, Senin (28/10).

Selain itu, pihaknya juga menyelenggarakan BSI Aceh Muslimpreneur (AMP) untuk memberikan peluang bagi generasi muda di Aceh agar mereka tidak hanya mampu bersaing di level lokal, tetapi juga bisa naik kelas dan menembus pasar global. UMKM terpilih diharapkan jadi motor penggerak ekonomi daerah dan pada akhirnya mendorong kesejahteraan masyarakat Aceh secara menyeluruh.

"BSI AMP 2024 dibagi dalam tiga kategori jenis usaha, yaitu pemula (starter), scale-up, dan sustainable," ujarnya.

Ajang ini diikuti pendaftar lebih dari 2.500, naik dibandingkan pendaftar tahun lalu dengan 2.234 wirausaha. Sebanyak 12 grand finalis yang terpilih telah mengikuti serangkaian acara penjurian kompetisi wirausaha BSI Aceh Muslimpreneur (AMP) 2024 yang puncaknya pada 26 Oktober 2024. 

BSI terus fokus mendukung dan mendorong pertumbuhan sektor UMKM di Aceh dengan pendampingan agar bisa menembus pasar global. Hasilnya positif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News