UMKM Binaan Pertamina Raup Omzet Hampir Rp 1,1 Miliar Selama MotoGP Mandalika

UMKM Binaan Pertamina Raup Omzet Hampir Rp 1,1 Miliar Selama MotoGP Mandalika
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat mengunjungi salah satu UMKM yang berpartisipasi dalam Pertamina Energizing You Festival yang berlangsung pada 27-29 September 2024. Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, MANDALIKA - Acara Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 memberi berkah bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Pertamina.

Selama tiga hari berjualan dalam Pertamina Energizing You Festival pada 27-29 September 2024, total omzet transaksi UMKM hampir mencapai Rp 1,1 miliar.

Omzet penjualan meroket hingga 56 persen dibandingkan omzet tahun lalu di gelaran serupa yang mencatatkan transaksi Rp 689 juta.

Vice President Corporate Communication Pertamina PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menyampaikan tahun ini, persiapan pameran UMKM dalam ajang balap International lebih matang.

Diawali dari kurasi produk UMKM sesuai dengan kebutuhan penonton, serta produk khas Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mencuri perhatian pengunjung.

“Selain produknya yang memang diperlukan pengunjung, pada tahun ini area UMKM berada di lokasi yang sama dengan area panggung hiburan. Area Pertamina Energizing You Festival ini menjadi one stop solution untuk mempermudah para pengunjung," jelas Fadjar.

Fadjar menyebutkan salah satu keunikan UMKM Pertamina adalah konsep keberlanjutan lingkungan, yang memang menjadi fokus Pertamina, seperti UMKM Good Craft ang mengelola limbah pelepah kelapa menjadi berbagai produk kerajinan kreatif.

Pemilik Good Craft, Gilang Putra mengatakan produk kerajinannya saei pelepah kelapa sering diorder sebagai souvenir dari berbagai instansi, usaha interior, dan juga pembeli retail.

Selama tiga hari berjualan dalam Pertamina Energizing You Festival, total omzet transaksi UMKM binaan Pertamina hampir mencapai Rp 1,1 miliar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News