UMKM Kota Batu Punya Potensi Besar Menembus Pasar Internasional

UMKM Kota Batu Punya Potensi Besar Menembus Pasar Internasional
Produk kayu dan plastik UMKM asal Kota Batu yang sukses menembus pasar Meksiko. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, KOTA BATU - Kepala Bea Cukai Malang Gunawan Tri Wibowo mengatakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Batu, Jawa Timur, memiliki potensi besar untuk menembus pasar internasional.

Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan salah satu UMKM, yakni CV Delta Raya melakukan ekspor perdana produknya ke pasar Meksiko.

Pada Senin (14/10), CV Delta Raya melaksanakan pelepasan ekspor perdana 8.196 kg atau sekitar 8,19 ton produk kotak ikan dari plastik dan kayu ke Meksiko.

"Semoga ekspor CV Delta Raya bisa berkelanjutan dan menjadi inspirasi untuk UMKM lainnya di wilayah Batu dan sekitarnya,” ujar Gunawan.

Sejumlah pihak hadir dalam pelepasan ekspor perdana tersebut, mulai Pemkot Batu, Bank Indonesia Malang, Kanwil Bea Cukai Jawa Timur II, Disperindag Provinsi Jawa Timur, Universitas Negeri Malang, CV Delta Raya, buyer dari Meksiko, dan Warung Kendedes.

“Kami juga mengapresiasi dukungan dari Duta Besar Indonesia untuk Meksiko atas kontribusinya dalam merealisasikan ekspor perdana ini,” kata Kepala Bea Cukai Malang.

Gunawan menambahkan Bea Cukai Malang memiliki program bertajuk Klinik Ekspor dalam mendukung mendukung peningkatan perekonomian.

Selain itu, berbagai langkah dilakukan Bea Cukai Malang, mulai dari asistensi, pendampingan, pengembangan dan pemberdayaan pun agar UMKM di Malang dan sekitarnya dapat terus berkembang dan berorientasi ekspor. (mrk/jpnn)

Sukses CV Delta Raya melakukan ekspor perdana produknya ke Meksiko menjadi bukti UMKM Kota Batu punya potensi besar menembus pasar internasional


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News