UN Dekat Kandang Sapi, Siswa Pakai Masker

UN Dekat Kandang Sapi, Siswa Pakai Masker
Sejumlah siswa memakai masker saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di SMK Bhakti Insani, jalan Batu Tulis, Kota Bogor, Jabar, Senin (16/4). Ratusan siswa mengeluh dan terganggu konsentrasinya dalam mengerjakan soal UN dikarenakan bau tak sedap dari kotoran sapi yang kandangnya bersebelahan dengan sekolah tersebut. Foto sofyansyah/Radar Bogor/JPNN
BOGOR - Sebanyak 170 siswa SMK Bhakti Insani di Jalan Batu Tulis, Kelurahan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, mengikuti ujian nasional (UN) dengan menggunakan masker.  Pasalnya, di sebelah sekolah mereka terdapat kandang sapi yang memantulkan bau tak sedap dan menganggu konsentrasi ujian.

   

Menurut salah satu siswa jurusan Administrasi Perkantoran Siti Saimah (17), aroma tidak sedap dari kandang sapi perah itu sangat mengganggu aktivitas belajar mengajar, termasuk saat UN berlangsung. "Jelas sangat mengganggu konsentrasi. Makanya saya pakai masker sejak masuk kelas karena bau busuknya bikin mual dan pusing," katanya saat ditemui usai ujian, Senin (16/4).    

   

Keluhan serupa disampaikan peserta ujian lain, Firman dan Asepullah. Keduanya juga mengaku terganggu, karena setiap hari harus mencium aroma kotoran sapi. "Kalau lagi hari panas aroma kotorannya sangat menyengat. Kita sudah pakai pengharum ruangan dan kipas angin, tapi tetap saja baunya menyengat," tutur Firman diamini Asepullah.

   

Tidak hanya itu, aroma menyengat membuat mereka harus sering bolak-balik ke toilet karena merasa mual dengan bau yang sangat menusuk hidung tersebut.    "Kami sangat malu sama teman-teman dari sekolah lain karena mereka menyebut sekolah  kami kandang sapi," tambah Firman.

   

BOGOR - Sebanyak 170 siswa SMK Bhakti Insani di Jalan Batu Tulis, Kelurahan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, mengikuti ujian nasional (UN) dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News