Unas 2013, Lebih Sulit dan Tambah Variasi

Hari Pertama, Unas Berjalan Lancar

Unas 2013, Lebih Sulit dan Tambah Variasi
Puluhan siswa melakukan tos bersama usai berdoa sebelum pelaksanaan ujian akhir nasional di SMAN 2, Setu, Kota Tangsel, Senin (15/4). Foto: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres
JAKARTA - Pelaksanaan ujian nasional (unas) 2012 tingkat SMA dan sederajat hari pertama, Senin (16/4) berlangsung relatif lancar. Tahun depan, pemerintah menggenjot kemampuan siswa dengan menambah soal-soal kategori sulit. Selain itu, juga memperbanyak variasi soal menjadi sepuluh jenis.

 

Proyeksi unas tahun depan itu dipaparkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) saat menyidak pelaksanaan unas hari pertama di sejumlah lokasi di Jakarta. "Bagaimanapun juga, kualitas siswa harus terus ditingkatkan. Tidak boleh berhenti," kata dia.

 

Nuh menuturkan, salah satu upaya meningkatkan kualitas siswa adalah dengan mendongkrak tingkat kesulitan soal unas. Dia mengatakan, untuk tahun ini prosentase butir soal yang masuk kategori kesulitannya tinggi hanya 10 persen. Selanjutnya 60 persen butir soal masuk kategori tingkat kesulitan sedang. Dan sisanya sejumlah 30 persen butir soal masuk tingkat kesulitan rendah.

 

Menteri asal Surabaya itu mengatakan, bisa jadi tahun depan prosentase soal dengan tingkat kesulitan tinggi akan dinaikkan dari 10 persen menjadi 15 persen. "Memang kenaikannya tidak signifikan. Tetapi ini penting," katanya.

 

JAKARTA - Pelaksanaan ujian nasional (unas) 2012 tingkat SMA dan sederajat hari pertama, Senin (16/4) berlangsung relatif lancar. Tahun depan, pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News