Universitas Adelaide Hanya Terima Dosen Wanita Untuk Bidang Teknik

Universitas Adelaide Hanya Terima Dosen Wanita Untuk Bidang Teknik
Universitas Adelaide Hanya Terima Dosen Wanita Untuk Bidang Teknik

Salah satu universitas di Australia University of Adelaide telah memasang iklan mencari dosen khusus wanita saja dalam usaha mendorong semakin banyak perempuan masuk ke bidang teknik, komputer dan matematika.

Untuk pertama kalinya, universitas tersebut menggunakan pasal khusus dalam UU Kesamaan Kesempatan (Equal Opportunity), yang memberi kesempatan kepada 'kelompok yang tidak diuntungkan' yaitu khusus perempuan untuk menjadi dosen.

Saat ini, jabatan profesor, dosen senior dan dosen biasa di Fakultas Teknik, Komputer dan Ilmu Matematika 85 persen adalah laki-laki.

Wakil dekan di fakultas tersebut Peter Ashman mengatakan mereka selalu mengalami kesulitan untuk menarik perempuan untuk mendaftarkan diri bagi pekerjaan mengajar di sana.

"Kami mengalami kesulitan dalam hal ini, dan karenanya performa kami tidak sebaik yang kami harapkan." katanya.

"Ini sudah menjadi masalah sejak saya menjadi mahasiswa S1 30 tahun lalu."

"Sudah ada usaha besar ketika itu untuk menarik perempuan untuk masuk ke profesi bidang teknik, baik sebagai mahasiswa, maupun staf. Walau sudah ada kemajuan namun masih belum cukup."

Unversity of Melbourne dan Monash University keduanya di Melbourne juga sudah pernah membuat iklan dengan posisi khusus untuk perempuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News