Universitas Ini Gunakan Drone Awasi Ujian Para Calon Mahasiswanya

Universitas Ini Gunakan Drone Awasi Ujian Para Calon Mahasiswanya
Universitas Ini Gunakan Drone Awasi Ujian Para Calon Mahasiswanya

jpnn.com - LUOYUNG - Sebuah perguruan tinggi di Luoyang, Tiongkok kini memaksa para calon mahasiswanya untuk jujur dalam mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. 

Seperti dilansir BBC, Senin (8/6), untuk memastikan ujian berlangsung tanpa penipuan, pihak pengawas sampai menggunakan mesin terbang tanpa awak (drone) ikut mengawasi.

Alat tersebut digunakan untuk melacak gelombang radio yang dikirimkan dari dan ke ruang ujian selama para calon mahasiswa mengerjakan soal-soalnya.

Dikhawatirkan para mahasiswa mungkin berkomunikasi menggunakan telepon genggam atau peralatan lainnya untuk mendapat bantuan dari luar ruang ujian di Luoyang, Provinsi Heinan tersebut.

Dengan ketinggian sekitar 500 meter di atas tempat ujian, mesin akan mengawasi ’gelombang radio’ yang mencurigakan. Gambar yang diterbitkan media pemerintah memperlihatkan para teknisi menggunakan komputer dan peralatan pemindai untuk menganalisa hasil pengawasan mesin terbang itu.

Pada tahun-tahun sebelumnya, sering terjadi para calon mahasiswa yang berkomunikasi dengan orang di luar yang membantu memberikan jawaban.

Tahun ini sekitar 10 juta siswa Tiongkok mengikuti ujian masuk universitas selama dua hari yang dikenal sebagai ’gaokao’ atau ’ujian tinggi’ dan sering dianggap akan menentukan masa depan mereka.

Ujian masuk universitas ini bukan hanya membuat para calon mahasiswa tertekan tapi juga para orang tua.

LUOYUNG - Sebuah perguruan tinggi di Luoyang, Tiongkok kini memaksa para calon mahasiswanya untuk jujur dalam mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News