Universitas Tertua di Kalimantan Kurangi Kuota Calon Mahasiswa

Universitas Tertua di Kalimantan Kurangi Kuota Calon Mahasiswa
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - BANJARMASIN – Universitas Lambung Mangkurat balal mengurangi jumlah calon mahasiswa tahun ini. Hal itu dilakukan karena banyak dosen yang pensiun dari universitas tertua di Kalimantan itu.

Tahun ini, Unlam hanya menerima 4.950 mahasiswa. Sebagai perbandingan, Unlam menerima 5.851 mahasiswa tahun lalu. Wakil Rektor I Unlam Ahmad Alim Bachri mengungkapkan, banyak dosen yang sedang tugas belajar.

Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 200 dosen. "Saat ini terlalu banyak dosen yang sedang studi lanjutan. Ini dalam rangka perbaikan dan peningkatan nisbah dosen dan mahasiswa di Unlam," kata Alim.

Namun, dia menjamin hal itu tak akan berlangsung lama. Menurut Alim, daya tampung pada 2017 mendatang bakal melonjak lagi. Sebab, pembangunan gedung belajar yang saat ini kekurangan terus dikerjakan dan akan rampung tahun depan.

Selain itu, ratusan orang dosen yang melakukan studi lanjutan pun akan kembali mengajar dan kembali ke Unlam. "Saat ini kelayakan rasio antara dosen dan mahasiswa tak seimbang, makanya kuota mahasiswa baru tahun ini berkurang dari tahun lalu," beber Alim. (mof/yn/ram/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News