Upacara Hari Kesaktian Pancasila Berlangsung Khidmat di Rutan Salemba

Upacara Hari Kesaktian Pancasila Berlangsung Khidmat di Rutan Salemba
Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Rutan Salemba, Jakarta. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Rumah Tahanan Negara Kelas I Jakarta Pusat atau Rutan Salemba memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2024 dengan menggelar upacara yang berlangsung khidmat pada Selasa (1/10) pagi.

Upacara yang dikuti oleh pejabat dan pegawai rutan itu dipimpin Kepala Rutan Agung Nurbani, yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Yoseph Jhon Ferry bersama personelnya juga nampak khidmat mengikuti jalannya upacara.

Upacara itu tidak hanya menjadi sebuah seremonial, tetapi juga momen refleksi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi tantangan ideologis yang kerap muncul.

Dalam pesannya, Agung menekankan pentingnya mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah berkorban untuk menjaga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Upacara ini bukan sekadar simbol, tetapi pengingat akan pengorbanan para pahlawan Kusuma Bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi bangsa ini," kata Agung.

"Kami berharap mereka mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, dan semangat mereka terus menginspirasi kita dalam menjaga keutuhan bangsa," sambung Agung.

Tema yang diusung dalam peringatan tahun ini adalah Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas. Tema ini mencerminkan komitmen kolektif untuk tetap memegang teguh Pancasila sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara.

Rutan Salemba mengadakan upacara bersama sejumlah petugas dalam rangka Hari Kesaktisn Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News