Usia Baru 11 Tahun, Investigasi Segera Dilakukan

Usia Baru 11 Tahun, Investigasi Segera Dilakukan
Usia Baru 11 Tahun, Investigasi Segera Dilakukan
JAKARTA--Usianya belum termasuk tua. Jembatan Kutai Kertanegara yang juga dikenal dengan nama jembatan Tenggarong atau jembatan Mahakam 2, ini mulai dibangun tahun 1995 dan mulai beroperasi tahun 2001.

Artinya usia jembatan yang melintasi sungai Mahakam, Kalimantan Timur, baru berusia sekitar 10 tahun. Jembatan ini disebut sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Menghubungkan Kecamatan Tenggarong dengan Kecamatan Tenggarong Seberang di Kabupaten Kutai Kartanegara, tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter, sedangkan total panjang jembatan mencapai 710 meter.

Namun secara mengejutkan, jembatan kebanggaan masyarakat Kaltim yang meniru jembatan Golden Gate di San Fransisco, AS pada pukul 16.30 WITA, Sabtu (26/11) ambruk total. Tragisnya, saat kejadian jembatan tengah padat dilintasi oleh masyarakat. Baik berjalan kaki, sepeda roda dua, mobil ataupun angkutan umum lainnya.

Dalam sekejap mata, jembatan yang terkenal dengan keindahannya inipun berubah jadi lokasi tragis bagi ratusan pengguna di atasnya. Pekikan teriakan minta tolong dan kepanikan pun terdengar. Ratusan orang terlihat sempat menyelamatkan diri dengan berenang ke tepian, namun beberapa orang lainnya diketahui masih terjebak di antara reruntuhan.

JAKARTA--Usianya belum termasuk tua. Jembatan Kutai Kertanegara yang juga dikenal dengan nama jembatan Tenggarong atau jembatan Mahakam 2, ini mulai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News