Usir Nyeri dengan Laser

Usir Nyeri dengan Laser
Usir Nyeri dengan Laser

jpnn.com - SURABAYA - Melewati masa tua dengan kesehatan prima dan hidup berkualitas tentu jadi dambaan tiap orang. Tapi, bagaimana kalau tubuh tiba-tiba sakit hingga memengaruhi aktivitas? Tak jarang, pasien butuh waktu lama dan biaya besar untuk berobat. Kini teknologi laser di bidang kesehatan membuat segala kendala itu teratasi.

Salah satu teknologi tersebut adalah pengobatan dengan high intensity laser asal Inggris. Peranti itu bekerja dengan dua keunggulan utama. Yakni, sebagai bio stimulus dan pain killer. Menurut fisioterapis dr Awiyono SpKFR, penggunaan laser lebih efektif dan mudah. ''Laser langsung tepat sasaran,'' jelasnya.

Laser dengan tegangan 12 watt itu bisa melakukan penetrasi sampai ke tulang. Dengan demikian, penyakit yang berhubungan dengan otot, urat, atau saraf yang menempel dengan tulang bisa diobati.

Penyakit yang bisa diusir laser itu, salah satunya, adalah osteoarthritis genu (OA). Yakni, penyakit sendi yang mengakibatkan nyeri hebat di bagian lutut. 

Kemarin Awiyono menangani Sukrismati, 65, pasien OA asal Jombang. Pasien itu sudah lama mengeluh sulit berjalan karena digerus OA. Lututnya pun mengalami inflamasi sehingga sulit berjalan. ''Lutut sakit sekali, Dok,'' ujar Sukrismati. Pasien yang sudah berobat empat kali tersebut menjalani pengobatan dengan kombinasi teknik akupunktur.

Dr Agustin Idajanty MS, akupunkturis yang bekerja sama dengan spesialis fisoterapi itu, mengungkapkan, penggabungan metode tersebut bisa memberikan hasil maksimal. (bir/dos/mas)


SURABAYA - Melewati masa tua dengan kesehatan prima dan hidup berkualitas tentu jadi dambaan tiap orang. Tapi, bagaimana kalau tubuh tiba-tiba


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News