Usul, Dana Parpol Dianggarkan APBN

Usul, Dana Parpol Dianggarkan APBN
Usul, Dana Parpol Dianggarkan APBN
JAKARTA  - Maraknya dugaan praktik mafia anggaran di DPR yang ditengarai dipicu kepentingan elite politik untuk membiayai operasional parpol masing-masing, sebenarnya bisa dicegah. Salah satu caranya, APBN secara transparan menganggarkan dana operasional untuk tiap parpol sesuai dengan perolehan kursi di DPR.

Setidaknya ini yang menjadi usulan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon saat diskusi “Menimbang Usulan Panja Mafia Anggaran DPR” di gedung DPR, kemarin (28/7). Menurutnya, jika diberlakukan, ide ini minimal bisa mengurangi kecenderungan tangan-tangan fraksi untuk memainkan anggaran saat pembahasan di DPR. 

“Lebih baik dijatahi saja partai politik itu dalam APBN. Dan setelah dijatah tak boleh lagi terjadi cawe-cawe fraksi-fraksi parpol di DPR dalam menyusun APBN,” kata Fadli Zon.

Menurutnya, sepanjang APBN tidak mengalokasikan anggaran untuk parpol secara transparan seperti sekarang ini, praktik mafia anggaran di alat kelengkapan kerja DPR yang notabene diisi oleh kader-kader parpol akan tetap sulit untuk ditekan.

JAKARTA  - Maraknya dugaan praktik mafia anggaran di DPR yang ditengarai dipicu kepentingan elite politik untuk membiayai operasional parpol

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News