Usul Pembentukan Kabupaten Bogor Barat Kian Menguat

Usul Pembentukan Kabupaten Bogor Barat Kian Menguat
Usul Pembentukan Kabupaten Bogor Barat Kian Menguat

jpnn.com - CIGUDEG – Kran pemekaran daerah yang dibuka oleh DPR, disikapi masyarakat sejumlah daerah dengan meneriakkan aspirasi pemisahan diri dari daerah induknya.

Keinginan pembentukan Kabupaten Bogor Barat (KBB) yang sempat meredup, kini muncul lagi.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Cibungbulang, Asep Jumat mengatakan, wacana pembentukan sudah ada sejak 2001 bahkan lebih awal dari daerah lain yang kini sudah mekar. Namun, hingga kini masih sekadar wacana.

Berdasarkan kajian pada 2009, kata dia, KBB bisa mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp60 miliar dari galian, perkebunan, dan pertanian. Termasuk, bagi hasil dari Chevron Rp29 miliar.

“Jangan sampai pembentukan KBB jadi isapan jempol belaka, dan hanya menjadi bola salju liar yang tak terarah,” kata warga RT 01/05, Kampung Pos, Desa Leuweungkolot itu.

Di tempat lain, Asnawi (39) warga RT 03/06, Kampung Cikasungka, Desa Cigudeg berharap, KBB segera dibentuk agar pelayanan kepada masyarakat lebih baik.

Selama ini, kata dia, masih banyak daerah tertinggal sebab jauh dari perhatian pemerintah. Termasuk, pengurusan surat yang berhubungan dengan pemkab jadi lebih mudah.

Selain itu, sambung dia, akan ada peningkatakan perekonomian masyarakat. “Kami sudah sangat siap,” ungkapnya kepada Radar Bogor (Grup JPNN).

CIGUDEG – Kran pemekaran daerah yang dibuka oleh DPR, disikapi masyarakat sejumlah daerah dengan meneriakkan aspirasi pemisahan diri dari daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News