Virus Zoonosis Ancam Kehidupan

IPB Siapkan Pusat Kajian Pengendalian Zoonosis Nasional

Virus Zoonosis Ancam Kehidupan
Virus Zoonosis Ancam Kehidupan
BOGOR – Penyakit-penyakit infeksius yang bersumber pada hewan (zoonosis) saat ini cukup mengancam kehidupan manusia. Avian influenza, rabies dan antraks adalah beberapa jenis penyakit zoonosis yang sangat berdampak bagi kesehatan masyarakat. Seperti dapat menyebabkan sakit, kecemasan, ketakutan bahkan yang lebih parah lagi dapat menyebabkan kematian.

Penyakit tersebut timbul sebagai dampak dari kerusakan lingkungan dan pemanasan global (global warming). Untuk itu, zoonosis penting menjadi perhatian .

“Penyakit zoonosis adalah penyakit yang menular dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya, yang baru muncul kembali dan sedang meningkat di dunia,” tutur Dosen IPB Heru Setijanto pada seminar nasional zoonosis di IPB International Convention Center (IICC), kemarin.

Menurutnya, pencegahan, pengendalian dan pemberantasan zoonosis yang paling efektif adalah dengan melakukan pengendalian di sumbernya, yaitu hewan. Melalui penerapan pendekatan induk semang-agen patogen-lingkungan dan pendekatan musti disiplin ilmu.

BOGOR – Penyakit-penyakit infeksius yang bersumber pada hewan (zoonosis) saat ini cukup mengancam kehidupan manusia. Avian influenza, rabies

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News