Voxpol Center Ungkap Empat Sebab PDIP Tak Pilih Ahok

Voxpol Center Ungkap Empat Sebab PDIP Tak Pilih Ahok
Megawati Soekarnoputri dan Basuki Tjahaja Purnama. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago meyakini Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan mendatangkan Tri Rismaharini bertarung di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Menurut Pangi, siapa yang akan diusung PDI Perjuangan memang hanya Megawati dan Tuhan yang tahu. Namun alumnus Ilmu Politik Universitas Andalas itu memprediksi partai berlambang banteng moncong putih tak akan mengusung Basuki T Purnama alias Ahok.

"Sinyalnya sudah jelas bahwa PDIP tidak mengusung Ahok. Ini alarm bahwa PDIP akan mengusung Risma-Sandiaga di menit-menit terakhir. Saya yakin kalau PDIP mengusung Ahok, tentu sudah jauh-jauh hari mengumumkan," kata Pangi di Jakarta, Senin (19/9).

Menurut dia, sangat logis bagi PDI Perjuangan mengusung kader sendiri seperti Risma, terutama setelah melihat bentangan realitas di lapangan. 

Pangi menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa PDI Perjuangan tak mengusung Ahok. Pertama, mantan Bupati Belitung Timur bukan kader internal.

Kedua, PDI Perjuangan tidak bakal mau kader inti atau kader ideologisnya hanya ditempatkan pada posisi wakil gubernur seperti Djarot. Ketiga, Ahok sudah diusung oleh Golkar, Nasdem dan Hanura. PDI Perjuangan akan keberatan kalau hanya sebagai partai pendukung yang meramaikan, sehingga memastikan menjadi partai pengusung utama.

Keempat, kata Pangi, partai pemenang pilpres 2014 ini meragukan loyalitas Ahok yang dikenal sebagai politisi kutu loncat. Sedangkan Risma loyalitasnya tidak perlu diragukan. "Sebagai petugas partai, Risma siap dan menunggu tombol dari Bu Megawati," tukas Pangi.

Dan jangan lupa, lanjutnya, pemilih Jakarta membutuhkan sosok baru. Sementara menurut Pangi, publik mulai jenuh pada Ahok. "Serangkaian bentangan emperis di atas kuat sinyal bahwa PDIP bakal mendatangkan Risma ke Jakarta. Melihat riset-riset kecil, trend elektabilitas Ahok turun dan Risma cenderung menguat," tegasnya.

JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago meyakini Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan mendatangkan Tri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News