Waduk Ciawi Bukan Solusi Akhir

Waduk Ciawi Bukan Solusi Akhir
Waduk Ciawi Bukan Solusi Akhir
BOGOR- Pembangunan Waduk Ciawi bukanlah solusi final mengatasi banjir Jakarta. Kalimat itu ditegaskan Pemerhati Tata Ruang, Joko Pitoyo. Menurutnya, efektivitas pembangunan waduk untuk meminimalisir debit air Ciliwung bukanlah di Ciawi. Melainkan di Depok. 

“Kalau untuk mengurangi banjir atau memperlambat air bah, iya. Kalau untuk menghilangkan, kemungkinan kecil sekali. Banyak yang harus ikut kontribusi. Lokasilasi curah hujan dan kondisi tata ruang dan alam Jakarta itu sendiri,” paparnya.

Joko mengatakan, dalam melihat fenomena banjir dari luapan air sungai, perlu juga melihat kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) secara komprehensif. Pada kasus penanganan banjir Jakarta di tingkat hulu, tidak semata-mata sungai Ciliwung saja yang menjadi objek analisa. Setiap anak sungai yang mengalir ke Ciliwung pun harus ditangani dengan terpadu.

“Harus ada semacam dam-dam (pintu air) kecil penampung utama di tiap anak sungai. Pemda sebenarnya bisa melakukan itu. Sebelum air itu masuk ke sungai utama Ciliwung, dia akan tertahan di anak-anak sungai,” terangnya.

BOGOR- Pembangunan Waduk Ciawi bukanlah solusi final mengatasi banjir Jakarta. Kalimat itu ditegaskan Pemerhati Tata Ruang, Joko Pitoyo. Menurutnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News